Nasional

Aturan Pemerintah Terkait libur Natal 2021 dan Tahun baru 2022

URUSDO.COM – Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan, melalui instruksi menteri dalam negeri ( INMEDAGRI ) terkait PPKM level 3 di seluruh indonesia yang meniadakan mudik mudik bagi para ASN.

Salah satu kebijakan yang terdapat di dalam inmendagri nomor 62 tahun 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada Natal 2021 dan Tahun baru 2022 soal peniadaan mudik.

Dikutip dari laman instagram resmi sekretariat kabinet, jika terdapat pelanggaran maka sanksi akan di berlakukan sesuai dengan ketentuan Undang-undang yang berlaku.

Gubernur dan bupati/wali kota diminta “melakukan sosialisasi peniadaan mudik Nataru kepada masyarakat dan masyarakat perantau yang berada di wilayahnya,” demikian poin yang tercantum dalam Inmendagri tersebut, dikutip Rabu (24/11/2021).

Masyarakat juga dihimbau agar tidak berpergian, tidak pulang kampung kecuali dengan tujuan yang penting (Primer) atau mendesak.

Pemerintah dan divisi humas polri juga akan berkerja sama secara optimal dalam menangani arus balik di seluruh pintu kota setempat dan tidak melakukan penyekatan, di dalamnya juga terkait dengan pekerja migran indonesia yang ingin melakukan mudik.

Menurut Imam, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo akan memberikan arahan kepada jajaran Polri terkait operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022.

“Bukan penyekatan, tapi kami akan mengoptimalkan. Memang ini belum kami rumuskan secara detail. Nanti tanggal 24 November, Kapolri akan memberikan arahan kepada jajaran. Jadi nanti setelah itu, kami detailkan cara bertindak di lapangan,” kata Imam, saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (23/11/2021).

Imam mengatakan, Polri akan memedomani kebijakan pemerintah. Seperti pada rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah akan menerapkan kebijakan PPKM Level 3 untuk seluruh wilayah di Indonesia pada momen Natal dan Tahun Baru 2022.

“Yang jelas memang rapat dengan Menko PMK itu tidak ada penyekatan. Jadi itu akan kami pedomani,” kata Imam.

Namun, menurut Imam, Polri akan menyiapkan strategi lain untuk membatasi mobilitas masyarakat pada momen Natal dan Tahun Baru 2022.

“Nanti cara bertindak apa yang akan kami buat. Supaya masyarakat yang betul-betul harus pulang itu tidak menyebabkan terjadinya klaster baru,” ujar Imam

Adapun aturan Inemndagri PPKM level 3 seluruh Indonesia tersebut mulai berlaku 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Pemberlaukan aturan tersebut adalah untuk mengantisipasi melonjaknya kasus Covid-19 pada libur akhir tahun.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker