Techno

Apa itu Non-Fungible Token atau NFT?

URUSDO.COM – Belakangan ini istilah NFT atau non-fungible token sedang ramai dibicarakan di banyak komunitas khususnya komunitas cyrptocurrency dan pegiat seni digital di seluruh dunia.

Beberapa barang digital mulai dari karya seni, musik, meme, item-item game serta apapun yang mewakili objek dari dunia nyata diperjual belikan atau di lelang dengan harga yang sangat fantastis. Seperti contoh meme paus mini yang dijual dengan harga milyaran oleh seorang anak kecil, atau seperti lukisan digital Innovator’s Dinner 1 juta us dollar atau setara dengan 14 milyar rupiah. 

Pertanyaan yang muncul di benak kita semua adalah sebenarnya NFT itu apa sih? Dan kenapa orang-orang rela membeli barang yang harganya sangat mahal padahal tidak bisa kita sentuh? 

Sebelum kita masuk ke penjelasan makna NFT, kita harus paham dulu arti dari kata non-fungible token. Fungible dalam bahasa inggris di artikan sebagai seuatu yang dapat tergantikan, sebalik non-fungible token adalah sesuatu token yang sifatnya tidak dapat tergantikan. Sebagai contoh uang, uang 100 ribu milik kamu dan uang 100 ribu milik teman kamu walaupun ditukar tetap meiliki nilai dan fungsi yang sama. berbeda dengan NFT, NFT merupakan  sebuah token yang mewakili 1 benda atau barang unik yang berbeda dari satu sama lain. Seperti contoh lukisan monalisa yang unik dan hanya 1 di dunia tidak dapat di samakan fungsi dan nilai nya dengan lukisan yang lain .

Dengan memiliki NFT, berarti kamu memiliki bukti kepemilikan atas suatu barang/benda digital. Kepemilikan mu atas suatu karya atau barang digital telah tercatat pada buku besar digital (ladger) yang tergolong dalam teknlogi blockchain secara mutlak dan tidak bisa ada yang memalsukan atau menduplikasi sehingga menjaga hak kepemilikan menjadi tetap aman.

Baca Juga Berita Blockchain di Indonesia

Meskipun sudah ada dari tahun 2014, NFT menjadi semakin terkenal sekarang karena menjadi cara yang mudah untuk membeli dan menjual karya seni digital. Banyak platform digital atau marketplace-marketplace yang mulai bermunculan dan menawarkan akses untuk berjualan NFT di dalamnya seperti Binance, Opensea, Rarible. Karya seni  seperti lukisan digital, musik,avatar virtual,hingga gambar unik seperti screenshoot tweet pertama pendiri twitter Jack Dorsey pun dijual dan laku dengan harga yang fantastis, tweet tersebut laku seharga 2,9 juta dollar as atau setara dengan 41 milyar!. 

Gimana? Sudah mulai tertarik untuk mendalami NFT dan menjual karya-karya kalian? 

Karna tren NFT semakin populer, banyak perusahaan-perusahaan besar yang melihat ini sebagai peluang bisnis yang cukup menjajikan. Banyak proyek yang bermunculan karna tren ini seperti

  • NBA TOP SHOT, proyek yang menjual karya seni berupa moment sorotan video permainan pemain NBA
  • CRYPTOPUNKS, proyek yang menjual karakter unik dan hanya di cetak dalam satu edisi, proyek ini heboh dikarenakan visa sebagai perusahaan besar di dunia membeli NFT CRYPTOPUNK setara 2,3 milyar.
  • AXIE INFINITY, proyek game blockchain dimana pemain bisa mengembankan hewan peliharaan virual serta dapat menjual peliharaan mereka beserta item-item yang ada didalam game tersebut sebagai NFT
  • Decentraland, proyek game realitas virtual berbasis blackchain. DimanaPemain dapat mengembangkan dan memperdagangkan LAND, tanah virtual yang digunakan untuk membangun dunia digital

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker