Lifestyle

Jatuh Bangun Saat Pandemi, Film Indonesia Comeback

URUSDO.COM – Kabar baik datang dari dunia perfilman Indonesia. Setelah jatuh bangun karena pandemi, industri film indonesia diprediksi akan lebih stabil setelah mendapat stimulus dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf).

Kemenparekaf dikabarkan memberikan stimulus sebesar RP. 136,5 miliar untuk pertumbuhan industri film Indonesia. Dana tersebut merupakan dana stimulus Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) .

Stimulus PEN untuk subsektor film dapat merangsang kembali produksi film nasional yang berkualitas, dan juga mempercepat pemulihan ekonomi pasca Pendemi Covid-19 karena menyerap banyak tenaga kerja dalam jumlah yang besar dan kontribusinya untuk perekonomian (PDB) juga relatif besar.

Skema yang sangat membantu industri film ini dimulai dari Oktober hingga desember tahun ini, dimana dana ini ditujukan untuk pembuatanĀ  Film pendek, film panjang, maupun dokumenter, dan akan dibagi dalam 3 skema yaitu promosi, produksi dan pra-produksi.

Selain stimulus dari kemenparekaf dalam dana PEN, pertumbuhan film nasional juga membaik akibat kembalinya kepercayaan penonton terhadap film nasional.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker