Techno

Uang Kripto, Bitcoin dan Blockchain Apakah Sama ?

Uang kripto hanyalah salah satu aplikasi blockchain. Saat ini sudah banyak uang kripto yang beredar di Indonesia bahkan dunia dan salah satunya adalah Bitcoin. 

Cepatnya perkembangan tekonologi pada era modern membuat pengaruhnya pada manusia semakin nyata terlihat. Sebagai contoh, penggunaan telepon seluler tidak hanya mengubah cara manusia berkomunikasi, tetapi juga mengubah cara manusia mengonsumsi informasi.

Blockchain adalah suatu sistem transkasi dan manajemen data digital yang tersebar dimana semua pengguna sistem tersebut mempunyai satu consensus Bersama. Dengan membuat sistem secara tersebar, blockchain menghilangkan peran perantara sehingga bisa membuat biaya transkasi lebih murah.

Teknologi blockchain pertama kali diperkenalkan dengan menyasar aplikasi layanan finansial, seperti mata uang kripto dan digital wallet (dompet digital), dimana yang ditawarkan transkasi keuangan yang lebih dapat dipercaya, aman, dan mudah dengan meniadakan peran perantara, akan tetapi, blockchain masih menghadapi salah satu tantangan utama yaitu privasi.

Baca Juga Apa Itu NFT?

Penerapan blockchain di Indonesia dipengaruhi oleh perkembangan blockchain global. Blockchain berkembang sebagai salah satu aspirasi untuk menuju dunia yang semakin terbuka. Fenomena dunia terbuka juga telah merambang sector lain, seperti perangkat lunak, metode inovasi, dan data terbuka.

Pawa awal masa perkembangannya, blockchain masih spesifik sebagai solusi layanan konvensional dan di kalangan masyakarat Indonesia masih terjadi kesalahpahaman dimana beranggapan bahwa bitcoin dan blockchain sama, padahal blockchain adalah teknologi di balik bitocoin atau dengan kata lain blockchain merupakan buku besar (digital book) yang mampu mencatat semua transaksi dalam jaringan bitcoin.

Baca juga Berita Blockchain di Indonesia

Ekspektasi masyarakat Indonesia masih menilai blockchain dengan kualitas yang cenderung negative. Hal ini antara lain disebabkan karena berkambannya praktik penyalahgunaan Bitcoin untuk transaksi illegal yang diberitakan di media.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker