Techno

Benarkah NFT Memberikan Banyak Manfaat?

URUSDO.COM – NFT semakin hype dan populer di banyak kalangan dikarenakan kehadirannya dirasakan memberikan banyak manfaat dan bisa dilihat baik dari sudut pandang kreator maupun sebagai kolektor. 

Dari sisi kreator, NFT dapat membantu mereka memperluas eksposur karya seninya mencakup pasar lokal dan internasional juga kesempatan untuk mendapatkan royalti atas karya NFT meskipun telah berpindah tangan ke kolektor lainnya.  

Sementara di sisi kolektor, rasa kepemilikan dan keaslian atas karya NFT dari artist yang disukai menjadi daya tarik utama untuk memiliki NFT, ditambah beberapa NFT memungkinkan pemiliknya untuk menukarkan NFT tersebut ke dalam bentuk barang fisik atau menjadikannya sebagai salah satu investasi jangka panjang. 

Baca juga Apa itu NFT?

NFT adalah teknologi yang memperkenalkan sebuah konsep ekonomi baru. NFT membuat sebuah karya seni memiliki skalabilitas yang tinggi dan mudah untuk di monetisasi. Melalui NFT akan memberikan kesempatan terhadap pemusik, designer, dan siapapun untuk mengatur distribusi hasil karya mereka sendiri. 

Dengan demikian, setiap seniman bisa mengakses langsung market, tanpa harus melalui major label. Mereka pun bisa mendapatkan keuntungan maksimal tanpa harus membagi kepada pihak lain.

Baca juga Berita Blockchain di Indonesia

NFT di yakini juga dapat memberikan banyak manfaat dari beberapa sektor industri, salah satunya adalah sektor industri musik. Masih hangat di telinga kita keluhan para musisi tanah air tentang karya mereka yang di bajak bahkan di rubah seenaknya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Banyak musisi besar tanah air seperti Anji, Ari Lasso dan badai yang aktif menyuarakan tentang regulasi hak cipta karya yang terbilang masih terbilang belum sepenuhnya jalan. ini bisa dilihat dari maraknya aksi plagiat yang di lakukan oleh musisi nakal di  platform sosial seperti Youtube, instagram, facebook yang seenaknya mengupload dan merubah hasil cover mereka tanpa membayar royalti bahkan meminta izin dari pemilik lagu asli. 

Dengan hadirnya NFT keresahan seperti ini tidak akan terjadi, ini dikarenakan semua karya musisi akan tercatat dalam jaringan teknologi blockchain yang tentunya tidak akan bisa di bajak atau di palsukan jadi sifat keunikan dan kelangkaan karya tersebut akan selamanya terjaga, tentunya ini akan mendorong nilai dari karya tersebut semakin tinggi!Kalau di lihat dari sisi manfaat nya, sebenarnya NFT itu memberikan banyak manfaat juga untuk kehidupan sehari-hari. Apapun barang yang sifatnya bisa di digitalisasi bisa di jadikan NFT contohnya seperti tiket konser, foto sebuah momen, sertifikat tanah, serta dokumen yang kalian anggap unik dan langka. Barang-barang tersebut bisa kalian jadikan NFT untuk hanya sekedar di simpan atau bahkan di jual di pasar terbuka.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker