BeritaDaerah

Pembangunan Kodam XVI Pattimura, Pemkot Ambon Segera Realisasikan

URUSDO.COM,MALUKU – Menindaklanjuti kunjungan Panglima TNI Jendaral Andika Prakasa, di kota Ambon, 8 Desember 2021 lalu. Panglima TNI saat itu telah memberikan penegasan kepada Pangdam XVI Pattimura yang baru Mayjen TNI Bambang Ismawan, terkait peralihan aset Benteng Viktoria ke Pemerintah Kota (Pemkot).


Pemerintah Kota Ambon (Pemkot) Ambon akan merealisasikan lahan untuk pembangunan Markas Kodam XVI Pattimura di Negeri Tawiri. Direncanakan pada Januari 2022 mendatang, Pemkot Ambon akan membentuk Tim Pembebasan Lahan.


“Januari kita sudah bentuk tim untuk pembebasan lahan. Kalau itu sudah oke, maka lanjut ke perencanaan pembangunan Kodam baru,” ungkap Wali Kota Ambon Richard Lauhenapessy, Minggu (12/12/2022).


Menurut Walikota Ambon, Januari mendatang, pihaknya akan membentuk tim untuk pembebasan untuk ditempati oleh Kodam XVI Pattimura, di kawasan Tawiri, Kecamatam Teluk Ambon, Kota Ambon.

Baca juga Berita Maluku Hari Ini


Saat ini, progres Revitalisasi Benteng Nieuw Viktoria telah memasuki tahap finalisasi atau akhir, yaitu mengkaji secara akademis tentang urgensi dari benteng tersebut.


“Untuk lahan yang dibutuhkan, sekitar 60 sampai 70 hektar. Nanti kita buat pertemuan khusus,” ujarnya.
Lebih lanjut, Walikota menjelaskan, kajian tersebut merupakan kajian resmi, yang nantinya membuat pihaknya bakal bertemu dengan Bappenas, dan Kementrian Keuangan, untuk disampaikan.


“Sudah di kaji dengan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan melalui Direktorat Kebudayaan. Bahkan sudah selesai, dan mereka telah memberikan yang namanya eksrkutif summary” papar Walikota.


“Kita akan bertemu dengan Bappenas, dan Kementrian Keuangan, untuk menjelaskan dan menyampaikan kajian resmi ini. Dari situ nanti, baru lanjut ke tahap-tahap berikut, seperti yang saya katakan tadi, yakni pembetukan Tim Pembebasan Lahan di Januari mendatang,” ungkapnya.


Proses revitalisasi Benteng Viktoria, direncanakantidak akan akan berlangsung satu kali, melainkan secara bertahap, “Akan dilakukan bertahap, sampai 2024 baru tuntas,” tandasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker