BeritaDaerah

Akibat Tidak Adanya Sinyal, Warga Pulau Wetar Terlambat Evakuasi Diri

URUSDO.COM, MALUKU – Peringatan dini mengenai potensi tsunami dan gempa magnitudo 7,5 di NTT, Warga di Pulau Wetar, Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Masih belum mengungsi atau mengevakuasi diri ke daratan yang lebih tinggi. Pasalnya, masyarakat tak merasakan getaran dan terlambat mendapatkan informasi gempa.

“Iya, kami tidak merasakan getaran gempa disini,” ujar salah satu warga Desa Ilmamau, Kecamatan Wetar Barat,Acel Matetu,saa dihubungin selasa (13/12).

“Di Wetar aman, tidak ada apa-apa, gempa tidak terasa,” ungkapnya.

Ia mengaku gempa dengan magnitudo7,4 di NTT itu baru diketahui setelah warga bepergian untuk mencari sinyal di Desa tetangga, di Kecamatan Wetar Utara, Maluku Barat Daya. Ia mengaku, saat membuka ponsel warga baru mengetahui ada gempa di NTT, hingga ada peringatan dini tsunami Maluku dan Sulawesi Selatan melalui pemberitaan.

“Untuk di Kampung tak terasa (gempa) apalagi untuk tsunami, tidak ada informasi, makanya kita santai-santai saja,” ujarnya.

Baca juga Berita Maluku Hari Ini

Adapun warga sempat panik dan siaga saat mengtahui berita, setelah turun ke pantai warga pun memastikan gelombang laut, namun mereka tak tak menemukan tanda-tanda tsunami.

“Air laut masih tenang-tenang saja, warga pun memutuskan untuk bertahan di rumah dan tak memilih untuk mengevakuasi diri ke daratan yang lebih tinggi.

“Kita tidak menemukan air laut yang bergelombang berlebihan, jadi kita memilih bertahan di rumah sambil mengikuti perkembangan,” imbuh Dia.

Iya pun menyebutkan peringatan dini tsunami akan menerjang wilayah pulau Wetar, Maluku Barat Daya, setelah kabar berita itu di ketahui saat membuka ponsel di tempat lokasi sinyal. Untuk getaran gempa M 7,4 di NTT, tak berdampak ke Wilayahnya ungkap Dedy Modok, warga Moa, Maluku Barat Daya.

“Pulau Wetar itu sedikit dekat dengan NTT, karena di wilayah perbatasan. Di pulau itu ada empat Kecamatan berpenduduk sekitar 5 ribu dan jiwanya sekitar seribu hingga seribu lima ratus, ujarnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi tsunami di Maluku, NTB, NTT, Sulsel, Sultra, Gempa Magnitudo 7,5 14-Des-21 10:20:22 WIB,” dikutip dari akun Twitter BMKG, selasa (13/12). (RB)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker