Lifestyle

Valuasi Kopi Kenangan Tembus US $ 1 Miliar, Lampaui Starbucks di Indonesia

URUSDO.COM, JAKARTA – Persaingan bisnis kedai kopi semakin mengental. Sejumlah pemain besar mulai mendominasi dan terus menambah gerai baru.

Kopi Kenangan, misalnya, bakal semakin agresif di sepanjang tahun 2022 mendatang. Startup ritel F&B asal Indonesia ini menargetkan memiliki total 1.000 gerai pada tahun depan. Saat ini, Kopi Kenangan sudah memiliki 600 gerai yang tersebar di 45 kota di Indonesia.

Kopi Kenangan mengumumkan Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai US$ 96 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Melalui pendanaan ini, valuasi jaringan makanan dan minuman (F&B) di Indonesia ini telah menembus US$ 1 miliar dan menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Pendanaan Seri C dipimpin Tybourne Capital Management, diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

Pendanaan ini diperoleh setelah Kopi Kenangan mengukuhkan posisinya sebagai brand dengan permintaan domestik yang tinggi, termasuk dari beberapa portofolio barunya, seperti brand roti bernama Cerita Roti, ayam goreng Chigo, soft-cookies Kenangan Manis, sekaligus menghadirkan berbagai inovasi baru seperti menu topping Sultan Boba.

Kopi Kenangan juga berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang baik selama 12 bulan terakhir, dengan angka penjualan lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini berhasil dilakukan dengan menjaga tingkat profitabilitas yang sehat pada setiap gerai, sekaligus memangkas periode balik modal setiap gerai menjadi lebih singkat. Selama satu tahun terakhir, aplikasinya juga tercatat sebagai aplikasi kopi yang paling banyak diunduh dan berhasil meraih peringkat terbaik di Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker