BeritaDaerah

9 Makanan Khas Maluku yang Nikmat dan Kaya Rempah

URUSDO.COM – Maluku dikenali jadi rumah buat rempah asli Nusantara, yaitu buah pala. Hal tersebut pulalah yang membikin Makanan Khas Maluku kerapkali dicari beberapa penggemar kulineran, karena cita-rasanya yang memikat.

Awalannya, pala jadi hanya satu hasil bumi sebagai tanaman asli Kepulauan Banda. Rempah itu yang membikin wilayah itu jadi objek bangsa Portugis dan bangsa Eropa.

Baca juga Berita Maluku Hari Ini

Di Maluku ada bangunan dari dinding pelepah sagu, yaitu Mushola Tua Wapauwe. Tidak itu saja, Maluku pula punya kebiasaan pengisolasian buat wanita yang hamil dan gadis yang ada bulan di gubuk kecil oleh Suku Naulu di Provinsi Maluku.

Disamping pelbagai kekhasan yang mereka mempunyai, Maluku pula simpan kekayaan kulineran tidak kalah menarik. Beragam macam Makanan Khas Maluku jadi soal yang jangan ditinggalkan apabila bertandang kesana.

1. Papeda

Papeda dibikin dari bubur sagu yang umumnya disuguhkan dengan ikan tongkol atau ikan mubara yang diberi bumbu dengan kunyit. Diluar itu, papeda pula kerapkali dicicip dengan ikan gabus, kakap merah, maupun ikan kue.

Dibikin dari sagu, papeda punya struktur yang rekat dan rasa condong cemplang. Buat menikmatinya, semestinya Anda melahap makanan ini pada kondisi panas. Trik memakannya lantas tidak kalah unik, ialah secara langsung mencucup dari piring

2. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan asli penduduk Kepulauan Banda ini punya cita-rasa yang kaya. Apa lagi Pulau Banda cukup dikenali dengan kekayaan rempah-rempahnya.

Kuah sajian ini berasa fresh, itu karena paduan asam dan pedas dari buah pala. Biasanya, ikan kuah pala dicicip dengan urap daun pepaya, ikan kakap merah bakar, dan sambal bakasang yang dibikin dari ikan cakalang yang ditumbuk

3. Kohu-kohu

Penampakan kohu-kohu sesaat seperti sayur urap yang umum dicicip penduduk di Pulau Jawa. Kohu-kohu yang dibikin dari ikan teri basah ini diproses lewat cara memasukkankannya berbahan lain seperti toge, terong, kacang panjang rebus, dan parutan kelapa.

Sesudah semuanya bahan tercampur rata, jadi adonan itu bakal diberikan bumbu yang terdiri dalam perasan jeruk nipis, cabe, bawang merah, dan bawang putih. Kohu-kohu umumnya dicicip dengan kasbi (singkong) rebus.

4. Ikan Komu Asar

Makanan unik Maluku yang cukup ternama setelah itu ikan komu asar. Makanan ini memakai ikan cakalang jadi bahan pentingnya. Proses mengolahnya lantas termasuk unik, ialah lewat cara ditusuk dengan bambu, lalu diasapkan kira-kira satu jam.

Tidak cuman ikan cakalang saja, tipe ikan yang lain yang dipakai misalnya ikan tongkol atau ikan tuna. Umumnya, sajian ini dicicip dengan nasi dan sambal colo-colo.

5. Sambal colo-colo

Tidak komplet rasa-rasanya apabila makan tanpa kesan pedas dari sambal. Di Maluku, ada salah satunya sambal unik wilayah itu, yaitu sambal colo-colo. Sambal ini adalah salah satunya sambal unik Ambon yang dikenali karena rasanya yang pedas.

Bahan penting sambal colo-colo tidak jauh beda dengan sambal umumnya, ialah tomat muda, bawang merah, dan cabe rawit yang telah dipotong tipis dan dikasih taburan garam dan jeruk nipis tanpa diulek. Umumnya, sambal ini ditambah dengan beberapa daun kemangi, kenari mentah, maupun rarobang.

6. Bubur Sagu Ubi

Salah satunya makanan idola penduduk Maluku yang lain ialah bubur sagu ubi. Makanan ini memakai bahan penting sagu dan ubi merah yang telah direbus.

Buat paduan bahan yang lain, ialah rebusan gula merah, gula pasir, dan daun pandan yang diolah dan diaduk-aduk sampai terlarut. Trik penyuguhannya lantas sangatlah gampang, ialah menambahkan sagu yang sudah lunak bersama ubi merah rebus. Kemudian, masukkan siraman santan kental dan taburan kenari di atasnya.

7. Bubur Ne

Makanan unik ini dibikin dari sagu yang disuguhkan berbentuk mutiara kecil-kecil memiliki warna cokelat tua, merah jelas, atau merah muda. Bubur ne dikenali jadi takjil tradisionil ala-ala orang Maluku, ialah salah satunya tipe kolak memiliki bahan dasar sagu.

Sagu ini lalu bakal diolah bersama santan hingga teksturnya jadi empuk. Lalu, paduan barusan dapat ditambah dengan kayu manis, daun pandan, dan gula merah. Makanan unik Maluku satu ini dapat dicicip pada kondisi hangat atau dingin, dengan ditambah es batu.

8. Manisan Pala

Makanan unik Maluku seterusnya ialah manisan pala. Pala atau myristica fragrans adalah tumbuhan yang dari Kepulauan Banda, Maluku. Buahnya yang kaya gizi bisa sebagai pelbagai jenis olahan makanan, antara lainnya ialah Manisan Pala kulineran unik Kepulauan Banda, Maluku.

Manisan Pala dibikin dari buah Pala fresh, air, garam, dan gula pasir. Trik pengerjaannya lumayan simpel, ialah dengan memendamkan buah pala bersama air dan garam atau air laut waktu satu hari. Manfaatnya buat menambahkan struktur rasa empuk, sekalian menyingkirkan rasa sepat buah Pala.

Sesudah satu hari dipendam, air garam ditiriskan dari buah pala hingga kering. Seterusnya, buah pala yang telah kering direndam kembali dengan gula pasir atau di gabung waktu beberapa saat buat menambahkan rasa manis pada Pala. Kemudian, manisan pala yang telah manis siap dikonsumsi dan dipasarkan jadi oleh-olehan unik Pulau Banda.

9. Lalampa

Makanan unik Maluku yang ini sesaat serupa sekali dengan lemper Jawa. Tapi, lalampa dan lemper punya banyak ketidakcocokan. Disamping isinya yang lain, lalampa tidak dikukus seperti lemper, akan tetapi dibakar.

Saat sebelum dibakar, lalampa bakal dibaluri minyak sayur. Berikut yang membikin lalampa jadi bertambah spesial. Wewangiannya lantas berasa semakin kuat dan terserap sampai ke dalam.

Lalampa berasa renyah dan legit. Isian lalampa umumnya terdiri dalam ikan tongkol atau cakalang yang telah diproses dengan bumbu rempah dan cabe. Isian ini dibalut dengan nasi ketan yang telah masak, lalu dibuntel daun pisang dan dibakar di atas baranya api.

Itu 9 referensi Makanan Khas Maluku yang bisa Anda coba. Silahkan putuskan yang mana sangat menarik dan bakal dicoba lebih dahulu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker