Techno

Apa Itu Teknologi Blockchain ?

URUSDO.COMBlockchain adalah sistem penyimpanan data digital berisi catatan yang terhubung melalui kriptografi. Teknologi blockchain sekarang sudah banyak difungsikan oleh bermacam bidang, satu diantaranya untuk negosiasi mata uang kripto seperti bitcoin.

Sistem blockchain bisa disebut menyerupai catatan negosiasi digital yang terdiri dalam banyak server. Lantaran teknologi ini, negosiasi jadi  lebih gampang sebab kamu tidak kembali membutuhkan perantara.

Terdapat dua elemen yang melengkapi blockchain, ialah block/kelompok (blok) dan rantai (chain). Semua data yang ada dalam komputer dipisah menjadi sejumlah block dan sama sama tersambung oleh ‘rantai’ . Sehingga, apakah yang dimaksud blockchain? Secara tehnis, blockchain yaitu sekelompok ‘block’ berisi informasi digital. Tiap block ini mempunyai elemen yang dimaksud hash. Hash yaitu satu set karakter yang menyusun berbagai informasi pada block.

Jenis data yang digunakan pada teknologi ini tergantung pada tujuan blockchain itu sendiri. Contohnya, dalam bitcoin (mata uang krypto) data blok berisikan seluruh detail transaksi, mulai dari jumlah koin, pengirim, hingga penerima.

Hash berisikan data berupa tanda tangan atau sidik jari. Hash digunakan untuk mengindentifikasi blok dan seluruh isinya dalam kode unik. Hash dari blok sebelumnya merupakan bagian yang membawa jejak informasi sebelumnya sekaligus mengamankan rantai blockchain.

Contohnya, blok negara ‘Indonesia’ mempunyai informasi mengenai ‘Jakarta’, ‘Bandung,’ dan ‘Banten’. Komponen hash-nya yaitu karakter yang terdapat pada ketiga  informasi  itu, adalah JABDBT.

Tiap block beruntun dapat berisi hash block sebelumnya. Jika block seterusnya berisi informasi baru, maka akan ditambahkan.

Contohnya apabila ditambah ‘Ambon, maka hash-nya akan berganti menjadi JABDBTAM. Tapi, blok-blok yang awal tetap memiliki hash lama yang JABDBT.

Baca juga Berita Blockchain di Indonesia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker