Techno

Moxie Marlinspike Co-Founder & CEO Signal Resign

URUSDO.COM – Moxie Marlinspike, pendiri dan juga CEO aplikasi pesan terenkripsi Signal, telah mengundurkan diri.

Dia menulis blog bahwa ini sebenarnya adalah “waktu yang tepat untuk menggantikan diri saya sebagai CEO” setelah berurusan dengan Signal selama lebih dari beberapa tahun.

Signal baru-baru ini mengizinkan pembayaran menggunakan uang kripto dalam aplikasi, yang sebenarnya membuat beberapa pelanggan khawatir.

Moxie Marlinspike tetap menjadi direksi dalam Struktur Sinyal Foundation, sementara ketua dewan eksekutif, Brian Acton, menjadi CEO sementara.

Istirahat Sendiri

Marlinspike nama aslinya adalah Matthew Rosenfeld, dalam blog pribadinya dia menyampaikan bahwa dia selalu berharap Signal mampu mencapai tahapan “Berkembang dan Bertahan” melebihi keterlibatan partisipasinya.

“Saya menulis semua kode Android, menulis kode server web juga, memfasilitasi semua pengembangan item, dan mengelola semua orang,” tulisan Marlinspike dalam blognya.

“Saya tidak pernah bisa jauh dari telepon seluler, saya harus membawa laptop saya ke mana-mana dimana jia terjadi keadaan darurat, dan terkadang saya duduk sendirian di trotoar di tengah hujan larut malam mencoba mendiagnosis Service Degradation.”

Lebih dari 40 ribu orang saat ini menggunakan Signal.

Aplikasi Pesan Instan

Terjadi peninkatan pengguna Signal setelah adanya perbaikan kebijakan privasi di WhatsApp.

Signal sebenarnya gratis, sama seperti WhatsApp, dan pesannya akan terenkripsi otomatis.

Baik Signal maupun WhatsApp mendapat manfaat dari keahlian Marlinspike sebagai programmer dan kriptografer.

Protokol Keamanan dalam aplikasi Sinyal, juga terdapat dalam  WhatsApp, seperti yang telah dimanfaatkannya dalam beberapa aplikasi perpesanan instan terkemuka lainnya.

‘Bahaya Kehidupan Nyata’

Sementara Marlinspike menjabat sabagai CEO Signal sangat berkembang popularitasnya, eksperimen terbaru yang dicoba saat ini dengan mata uang kripto sebenarnya telah menyulitkan beberapa pelanggan.

Pada bulan November, Signal meluncurkan uji coba sistem pembayaran terintegrasi kepada semua pengguna menggunakan mata uang kripto yang disebut MobileCoin, yang mengklaim sangat aman dan ramah lingkungan.

Marlinspike dilaporkan telah memberikan saran teknis kepada start-up mata uang kripto.

Mengintegrasikan mata uang kripto, menurut beberapa orang, merupakan strategi berisiko, menciptakan jalan untuk penyalahgunaan aplikasi secara kriminal dan menempatkannya dalam lingkup undang-undang keuangan seperti undang-undang anti pencucian uang dan peraturan.

Alex Stamos, mantan kepala petugas keamanan Facebook, mengatakan kepada The Verge: “Penambahan fungsi transfer uang pseudo-anonim sangat meningkatkan serangan legal mereka, sekaligus menciptakan kemungkinan bahaya di kehidupan nyata.”

Pengganti Marlinspike, Acton, sebenarnya juga ahli di bidang aplikasi pesan aman (secure-messaging).

Acton merupakan co-founder WhatsApp dan kemundian meninggalkannya pada tahun 2017, dimana itu merupakan sebuah aplikasi pesan perpesanan (messaging app) yang ditawarkan ke Facebook dan Google, pada tahun 2014, dalam sebuah penawaran yang bernilai $19 miliar (£11.4bn) dalam bentuk uang dan juga bagian hasil.

Dia mengutip “perbedaan seputar penggunaan data pelanggan dan iklan bertarget” sebagai alasan kepergiannya dari WhatsApp.

Dan juga, pada tahun 2018, bersama Marlinspike, ia merilis Sinyal Foundation, dan memberikan dukungan dana sebesar $50 juta.

Baca juga Berita Terkini

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker