BeritaNasional

BMKG Rilis Dampak Letusan Gunung Api Tonga ke Indonesia

URUSDO.COM, JAKARTA – Gunung api bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha’apai di Tonga meletus pada Sabtu (15/1) sore. Letusan gunung itu memicu beberapa negara mengeluarkan peringatan dini tsunami yakni Jepang, Selandia Baru, Australia hingga Amerika Serikat.

Oleh karena itu, BMKG menjelaskan kondisi Indonesia terkait dampak yang disebabkan oleh letusan gunung api bawah laut Tonga.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, letusan gunung api di Tonga memang memicu tsunami. Namun, ia memastikan Indonesia tidak akan terkena dampak dari bencana ini.

“Letusan gunung api di wilayah Tonga 15 Januari 2022 memicu tsunami. Tetapi tidak berdampak di wilayah Indonesia,” kata Dwikorita, Minggu (16/1).

Sementara itu Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, mengatakan Pacific Tsunami Warning Center atau PTWC telah memberikan informasi terkait Tsunami yang akan terjadi akibat letusan Gunung api di Tonga. Namun dari informasi tersebut dipastikan Indonesia tidak akan terdampak Tsunami tersebut.

Baca Juga Berita Terkini

“Berdasarkan hasil observasi muka laut yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), letusan gunung api tersebut tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia,” kata Bambang.

Lebih lanjut, BMKG meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan informasi yang belum dipastikan kebenarannya. Masyarakat bisa terus memantau informasi seputar gempa melalui media sosial dan aplikasi BMKG.
“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutupnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker