BeritaNasional

Erick Thohir Ajak Startup Berkolaborasi Dengan BUMN

URUSDO.COM, JAKARTA– Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap akan menggelar acara bertajuk BUMN Day. Acara itu, bertujuan untuk mewadahi perusahaan rintisan atau startup bisa berkolaborasi dengan perusahaan pelat merah.

Melalui acara ini, Menteri Erick berharap bisa terjadi kerja sama dan pertukaran ide dari para pelaku startup yang dibentuk anak muda dengan BUMN. Sehingga akhirnya akan memperkuat ekosistem digital di tanah air.

“Kembali ekosistem ini yang kita harapkan kenapa nant 6 bulan lagi akan diselenggarakan BUMN day untuk startup,” katanya dalam Instagram Live bersama Najwa Shihab, Senin (17/1/2022).

Ia menyebut ini akan berbeda dengan Merah Putih Fund yang pada akhir tahun lalu telah diluncurkan olehnya.

“Gimana ekosistem yang ada di BUMN dan dalam BUMN harus kerja sama dengan startup dan anak muda, yang kita harapkan, terlepas dari merah putih fund, kalau itu kita investasi founder indo, beroperasi indonesia, kantor bisa dilihat, dan dia harus komit besarkan go publik di indonesia,” terangnya.

Baca Juga Berita Terkini

“Jadi kenapa sejak awal challenge ini tak mudah tapi ini momentum ada, kita harus ambil,” imbuh dia.

Informasi, sebelumnya, Menteri Erick mengatakan bakal memfokuskan pengembangan bisnis rintisan dengan basis digital melalui dorongan pembiayaan yang disediakan. Langkah ini akan digarap melalui Merah Putih Fund yang akan mendanai sejumlah startup menuju status Unicorn.

“Digital inikan harus lebih lebar, harus, tidak bisa hanya BUMN berpikir sektoral karena itu saya lihat bahwa kekuatan kita apasih di BUMN, kembali di korporasi, maka kita fokus di pendanaannya,” katanya.

Pendanaan akan memfokuskan pada startup dengan status soonicorn yang memiliki potensi namun minim dari segi pendanaan. Maka, Merah Putih Fund akan masuk sebagai investor pendanaan bagi startup tersebut.

“Pendanaannya (Merah Putih Fund) pun kita fokus ke soonicorn yang valuasinya 200 belum jadi unicorn, karena itu yang banyak ini akhirnya punya potensi tetapi juga kalau tidak difunding, dia bsa tak jadi potensi, dan juga padahal si soonicorn ini step awal menuju unicorn,” katanya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker