BeritaNasional

Makin Populer, YouTube Pertimbangkan NFT Untuk Kreator.

URUSDO.COM, JAKARTA – NFT (Non-fungible Token) kian menjadi populer belakangan ini, Termasuk Indonesia. demam NFT makin meningkat setelah selfie seorang pemuda bernama Ghozali bernilai miliaran rupiah.

Kini, dikabarkan YouTube turut menunjukan minatnya untuk merambah ranah NFT. Dalam surat kepada kreator terkait prioritas pada tahun 2022, CEO Susan Wojicki menyebut YouTube tengah mengeksplorasi cara agar kreator bisa mendapatkan manfaat dari NFT.

“Kami selalu fokus pada perluasan ekosistem YouTube untuk membantu pembuat konten memanfaatkan teknologi baru, termasuk hal-hal seperti NFT, sambil terus memperkuat dan meningkatkan pengalaman yang dimiliki pembuat dan penggemar di YouTube,” tulis CEO YouTube Susan Wojcicki Rabu (26/1/2022).

Baca Juga Berita Terkini

Mengutip Engadget, dalam surat tersebut, Wojicki membahas soal Web3m, istilah yang digunakan oleh penggemar kripto untuk merujuk pada kumpulan teknologi berbasis blockchain yang mereka yakini akan mengantarkan era baru internet.

Wojicki menyebut bahwa Web3 telah menjadi sumber inspirasi untuk YouTube. Namun, Wojicki tidak menjelaskan secara detail soal cara YouTube akan mengintegrasikan NFT ke dalam platform miliknya.

NFT sendiri merupakan jenis aset digital yang dicatat dalam teknologi blockchain. Dalam dua tahun terakhir NFT semakin digemari dan menjadi semakin populer dalam waktu setahun terakhir.

Banyak investor khususnya anak muda yang membeli karya seni hingga video yang telah berbentuk NFT dan membuatnya kini setara sebagai aset investasi.

Sepanjang 2021, penjualan NFT ternyata telah mencapai 25 miliar dolar AS atau setara Rp358 triliun dalam waktu singkat.

Sebenarnya selain YouTube, perusahaan teknologi lainnya yaitu Twitter sudah memulai inisiasi terhubung dengan ekosistem NFT.

Pekan lalu, Twitter Inc mengumumkan peluncuran alat yang dapat dimanfaatkan penggunanya menampilkan NFT sebagai gambar profil heksagonal.

The Financial Times melaporkan bulan ini bahwa Meta Platforms Inc sedang mengerjakan cara untuk memungkinkan pengguna membuat dan menjual NFT di Facebook dan Instagram.

Pada bulan Desember, kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan perusahaan sedang menjajaki NFT.

Ada juga kabar dari aplikasi asal China yaitu TikTok yang pada September 2021 telah mengumumkan koleksi NFT yang dirancang oleh beberapa pembuat konten kreator populernya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker