BeritaDaerah

Tersangka Suap Rp. 10 Milliar, KPK tahan Eks Bupati Buru Selatan

URUSDO.COM, MALUKU – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mantan Bupati Buru Selatan dua periode, Tagop Sudarsono Soulisa (TSS) sebagai tersangka kasus dugaan suap, gratifikasi, hingga Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

“Untuk kepentingan proses penyidikan, tim Penyidik melakukan upaya paksa penahanan tersangka untuk 20 hari pertama,” ujar Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam konferensi pers, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu, (26/1/2022).

Selain eks Bupati Buru Selatan, KPK juga menetapkan dua orang dari pihak swasta yaitu Johny Rynhard Kasman dan Ivana Kwelju sebagai tersangka.

Tagop diduga meminta fee dari tiap proyek pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan tahun 2011-2016.

Baca Juga Berita Maluku Hari Ini

“Diduga tersangka TSS (Tagop) meminta sejumlah uang dalam bentuk fee 7-10 persen dari nilai kontrak pekerjaan,” Ujar lili.

Lili mengatakan bayaran untuk proyek yang dibiayai dari dana alokasi khusus (DAK) bakal lebih mahal. Proyek yang memakai DAK dipatok harga tujuh sampai sepuluh persen ditambah delapan persen dari nilai kontrak pekerjaan.

Total empat proyek yang dimainkan Tagop dalam kasus ini.

• Proyek pembangunan Jalan Dalam Kota Namrole pada 2015 senilai Rp3,1 miliar.

• Proyek peningkatan Jalan Dalam Kota Namrole senilai Rp14,2 miliar.

• Proyek peningkatan Jalan Ruas Wamsisi-SP Namrole Modan Mohe senilai Rp14,2 miliar.

• Proyek peningkatan Jalan Ruas Waemulang-Biloro senilai Rp21,4 miliar.

Tagop diduga mengantongi Rp10 miliar dari fee empat proyek itu. Uang itu dikumpulkan di rekening orang kepercayaannya Johny Rynhard Kasman yang saat ini juga berstatus sebagai tersangka.

“Untuk berikutnya ditransfer ke rekening bank milik tersangka TSS (Tagop),” pungkas Lili.

Lili menjelaskan, Tagop selaku Bupati dua periode diduga sejak awal menjabat telah memberikan atensi lebih untuk berbagai proyek pada dinas PUPR Kabupaten Buru Selatan.

Atensi itu, di antaranya dengan mengundang secara khusus Kepala Dinas dan Kabid Bina Marga untuk mengetahui daftar dan nilai anggaran paket setiap pekerjaan proyek.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker