BeritaDaerah

Wakil Walikota Tual Terjebak di Speedboat yang Mati Mesin, Bakamla Berhasil Mengevakuasi

URUSDO.COM, MALUKU – Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tual Bakamla RI berhasil menyelamatkan Wakil Wali Kota Tual, Usman Tamnge beserta 20 orang lainnya setelah speedboat yang ditumpanginya mengalami mati mesin di perairan Pulau Dua, Tual, Maluku. Sebelum diselamatkan, rombongan Usman sempat terombang-ambing di laut.

Kepala Kantor SPKKL Tual Letkol Bakamla Rizal Ufer Suat menerima informasi insiden itu pada Sabtu (29/1) sekira pukul 07.20 WIT. Informasi itu disampaikan oleh salah satu penumpang speedboat.

“Bahwa kapal yang ditumpangi bersama Wakil Wali Kota Tual mengalami mati mesin di sekitar perairan Pulau Dua dan terombang-ambing hanyut sampai di Perairan sekitar Pulau Ut,” kata Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla, Wisnu Pramandita dalam keterangan tertulisnya, Minggu (30/1/2022).

Baca Juga Berita Maluku Hari Ini

Letkol Bakamla Rizal Ufer Suat kemudian berkoordinasi dengan Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksamana Pertama Bakamla Arif Sumartono. Selanjutnya proses evakuasi mulai dilakukan.

“Guna memastikan posisi kapal, Letkol Bakamla Rizal Ufer Suat melaksanakan tracking posisi kapal dengan dasboard Vessel Security yang dimiliki SPKKL Tual. Setelah diketahui posisi kapal berada pada koordinat 5°34’49’S-132°’40’58’E ‘ E, Letkol Bakamla Rizal Ufer Suat memimpin langsung jalannya evakuasi dengan menggunakan unsur Catamaran 5-07,” Kata dia.

Pada pukul 08.40 WIT, Catamaran 5-07 berhasil menemukan speedboat tersebut di Perairan Pulau Ut perairan Kota Tual. Petugas kemudian mengevakuasi Wakil Wali Kota Tual dan seluruh korban dengan keadaan selamat.

Wisnu pun menjelaskan kronologi speedboat itu mengalami mati mesin. Dia mengatakan rombongan Wakil Wali Kota berangkat pada pukul 05.00 WIT.

“Berdasarkan keterangan dari salah satu penumpang, diketahui Speedboat yang membawa Wakil Walikota Tual beserta rombongan bertolak pukul 05.00 WIT dini hari dari Pulau Tayandu menuju Kota Tual,” kata dia.

“Namun sesampainya di perairan Pulau Dua sekitar pukul 06.10 WIT, speedboat yang dinaiki mengalami kerusakan mesin dan terombang ambing selama beberapa jam dan hanyut terbawa ombak hingga perairan Pulau Ut,” Tutupnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker