BeritaNasionalTechno

Operator Telekomunikasi Support MotoGP Mandalika 2022

URUSDO.COM, NTB – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate berkunjung tempat MotoGP Mandalika 2022 di Mandalika, NTB, Minggu, 20 Maret 2022. Di situ, Johnny melihat kerjasama operator telekomunikasi yang membuat support infrastruktur digital untuk ajang olahraga.

“Saya barusan berkunjung NOC (National Operation Center) Telkom Grup untuk mengecek persiapan support infrastruktur telekomunikasi. Saya melihat bagaimana kerjasama baik pada mereka untuk memberikan dukungan MotoGP. Backbone atau jaringan tulang punggung telekomunikasi lebih siap dibandingkan dengan moment awalnya,” kata Johnny.

Menkominfo mengatakan lingkup jaringan telekomunikasi 4G dan 5G disekitaran Circuit MotoGP Pertamina Mandalika mempunyai kecepatan unggah s/d 100 Mbps dan unduh di antara 25 sampai 35 Mbps untuk konektivitas 4G.

Baca juga Berita Terbaru

“Secara eksklusif untuk memberikan dukungan Mandalika, ada tiga operator yang bekerja sama-sama bekerjasama yakni Telkom group, XL Axiata dan indosat. MotoGP disokong dengan coverage 4G dan 5G. Konektivitas 5G juga cepat, unggah s/d 788 Mbps dan unduh 127 Mbps. Ini dari hasil speedtest tiap hari yang sudah dilakukan,” ucapnya.

Buat memberikan dukungan keperluan akses jaringan telekomunikasi, Kementerian Kominfo sediakan spektrum frekwensi radio khusus sebagai tambahan. “Bagus untuk 3,5 GHz atau yang 26 GHz untuk 5G. Saya mengharap semakin lebih siap serta lebih lancar di hari ini. Mudah-mudahan penyelanggaraan ini bagus,” kata Johnny.

Menurut Menkominfo, operator telekomunikasi pinjamkan spektrum frekwensi radio 2,3 GHz khusus untuk memberikan dukungan service 5G di tempat Mandalika. “Segi persiapan infrastruktur TIK saya menyaksikan kontributor dan kerja-sama yang kuat dari operator mobile atau operator jaringan hasilnya lumayan baik dari speedtest itu,” pungkasnya.

Johnny menginginkan kerjasama berjalan dalam memberikan dukungan bidang pariwisata dan keperluan alih bentuk digital nasional. “Jadi tidak saja mengenai MotoGP-nya atau kepariwisataannya tapi ini berkaitan industri telekomunikasi dan digital nasional kita. Hingga memang koordinir dan kerja sama yang dibuat sejauh ini,” bebernya.

Menkominfo mengharap pengalaman kerjasama ini akan mensukseskan ajang olahraga internasional ini kali. “Semoga yang kita kerjakan ini memberi pengalaman tertentu untuk memberi support yang kuat ke kesuksesannya penyelenggaraan MotoGP,” harapannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker