Uncategorized

UGM Membuka Registrasi Kelas Mata Kuliah Kecerdasan Digital

URUSDO.COM, JAKARTA – Registrasi kelas Mata Kuliah Kecerdasan Digital (MKKD) yang digelar Center for Digital Society (CfDS) Fakultas Pengetahuan Sosial Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan terima peserta sampai 31 Maret 2022.

Pendaftar dari program kuliah gratis yang telah dibuka semenjak 10 Maret 2022 itu sekarang ini telah lebih dari 10.000 peserta dari beragam wilayah Indonesia.

Wakil Dekan Fisipol UGM Poppy Sulistyaning Winanti menjelaskan Mata Kuliah Kecerdasan Digital yang inklusif ini mengarah siswa tingkat sekolah sampai kuliah atau peserta umum.

“Pada tahun yang ke-3 ini, kami mengharap digital skills warga Indonesia turut berkembang dan berpengaruh baik dengan cara sosial atau ekonomi,” kata Poppy, Kamis, 24 Maret 2022.

Dalam aktivitas yang mengikutsertakan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Pergerakan Nasional Literatur Digital Siberkreasi itu, akan dipisah jadi dua kelas.

Pertama kelas Kecerdasan Digital Dasar yang mengulas beberapa topik yang terkait dengan critical thinking, desain thinking, privacy dan pelindungan data, komunikasi digital, norma digital, dan tata urus digital. “Kelas dasar ini akan diberikan oleh peneliti-peneliti dari CfDS,” kata Poppy.

Lalu kelas ke-2 , yaitu kelas Kecerdasan Digital Kelanjutan yang hendak dipisah jadi lima sisi, mencakup topik sekitar keamanan cyber, pengetahuan data, kecerdasan bikinan, pemrograman, dan metaverse. “Kelas kelanjutan ini akan diberikan oleh beberapa akademiki, pegiat, dan ahli lintasi disiplin pengetahuan,” kata Poppy.

Selainnya langsung dimentori periset Digital Intelligence Laboratorium CfDS UGM dan akademiki intradisiplin dari Universitas Gadjah Mada, akan mengikutsertakan pendidik dari DRC Campus Fryslân the University of Groningen, dan pakar dan pegiat dari perusahaan tehnologi, seperti Meta, Huawei, dan Progate.

Kelas MKKD 2022 ini akan diselenggarakan lewat cara online memakai basis intelijen digital lewat situs kepandaiandigital.id. “Kelas ini akan berjalan sepanjang satu semester sarat dengan sistem online,” katanya.

Kelas-kelas ini akan tersambung dengan program Merdeka Belajar dan Universitas Merdeka Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan RI pada semester Gasal 2022.

Juru Berbicara Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Dedy Permadi di UGM awalnya menjelaskan kelas Kecerdasan Digital yang diadakan UGM ini jadi inovasi yang berkaitan dalam menggerakkan kenaikan literatur digital warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker