Lifestyle

Siapakah Khonshu, Dewa Bulan Mesir di Marvel’s Moon Knight?

URUSDO.COM – Makhluk tinggi, setengah mumi dengan paruh kerangka bengkok mengambang di atas jubah. Di episode kedua Marvel’s Moon Knight makhluk itu diberi nama: Khonshu, dewa bulan Mesir.

“Kami melindungi yang rentan dan memberikan keadilan Khonshu kepada mereka yang menyakiti mereka”—begitulah cara Marc menjelaskan sesuatu kepada Steven.

Steven: “Itu hal terbodoh yang pernah saya dengar.”

Tapi sebagai ahli Mesir (semacam), Steven telah mendengar tentang Khonshu.

Moon Knight, seperti komiknya, mengambil dari mitologi dan ikonografi Mesir, menamai banyak karakternya dengan nama dewa Mesir kuno.

Kisah asal mula Ksatria Bulan, Marc Spector, melibatkan resusitasi gurun oleh dewa Khonshu. Spector kemudian menjadi avatar Khonshu, berfungsi sebagai pelindung malam hari.

Kisah asalnya tidak jauh dari kisah-kisah mitologi Mesir, di mana Dewa Bulan Khonsu adalah pelindung, pencipta, dan perusak. Ada beberapa sisi dewa yang berbeda, membuat pilihan Marvel untuk perwakilannya yang memiliki gangguan identitas disasosiatif juga agak sesuai dengan mitologi senamanya.

Inilah yang perlu diketahui tentang Dewa Bulan baik dalam komik maupun dalam sejarah kuno.

Siapakah Khonsu dalam Mitologi Mesir?

Khonsu (juga, “Khons” dan “Chons”) adalah dewa bulan Mesir kuno, muncul dalam teks-teks sejauh 2350 SM. Kota pemujaan utama dewa tampaknya adalah Thebes (saat ini sekitar 400 mil selatan ibu kota, Kairo).

Arti penting Khonsu tampaknya telah bergeser sepanjang waktu. Pada satu titik, Khonsu adalah dewa kesuburan. Dia juga dianggap sebagai dewa yang kejam dan haus darah, serta dianggap menguasai roh-roh jahat. Banyak cendekiawan setuju bahwa namanya berasal dari kata yang berarti “menyeberang” atau “berjalan”. Dia juga dianggap sebagai pelindung raja dan rakyat jelata—makna yang paling relevan bagi pembaca Marvel.

Siapa Khonshu di Komik Marvel?

Dalam komik, Khonshu adalah penjaga malam dan pelindung bagi para pelancong. Khonshu, bagaimanapun, tidak bisa memasuki pesawat duniawi, membutuhkan dia untuk bertindak melalui avatar duniawi.

Khonshu adalah putra Amon Ra, Dewa Matahari. Keduanya telah berjuang selama ribuan tahun, masing-masing memilih avatar duniawi berturut-turut untuk bertarung satu sama lain. Komik Moon Knight yang ditulis oleh Max Bemis (paling dikenal sebagai vokalis band Say Anything) menggambarkan hubungan ini, dengan Ra mengambil avatar seseorang yang menyebut dirinya “The Sun King.”

Kapal modern Khonshu adalah Marc Spector, tentara bayaran yang dengannya Khonshu menganugerahkan kekuatan manusia super. Hubungan mereka penuh, dengan Khonshu kadang-kadang campur tangan untuk membantu Spector dan kadang-kadang merasukinya. Mereka juga bisa berkomunikasi secara langsung.

Dalam komik, mereka berinteraksi dengan semua orang mulai dari Hawkeye, Doctor Strange, dan Ant Man hingga Fantastic Four.

Yang menyisakan banyak kemungkinan crossover untuk episode Moon Knight di masa depan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker