BeritaDaerah

IAKN Ambon Lakukan Tranformasi Menjadi Universitas

Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon akan beralih status menjadi universitas. Untuk mendukung pengalihan status, saat ini pihak IAKN Ambon telah melakukan beberapa terobosan untuk penuhi syarat menjadi universitas. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 81 Tahun 2022 tentang Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/10/10/aksi-bullying-di-sma-siwalima-polisi-lakukan-pemeriksaan-saksi/

Sementara, untuk  menunjang transformasi yang akan dilakukan, Pihak IAKN Ambon telah membuka beberpa jurusan baru dan fakultas baru. Pembukaan jurusan baru dilaunching langsung oleh Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI Jeane Marie Tulung beberapa pekan yang lalu. Jurusan yang akan dibuka, diantaranya; Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Komunikasi, Teknologi Pendidikan dan Sistem Informasi. IAKN Ambon juga dalam proses pengusulan satu Fakultas baru yaitu Fakultas Sains dan Teknologi sebagai payung lima Prodi baru di atas.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/10/09/kapolda-maluku-ajak-kpu-dan-bawaslu-sbt-bekerja-profesional/

Pembukaan jurusan baru baru di IAKN Ambon untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat Maluku dan Indonesia Timur untuk berkuliah. Kendati, berstatus sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen, dengan prodi-prodi baru yang dilaunching, IAKN Ambon kini dapat menerima mahasiswa-mahasiswi beragama Non-Kristen. Hal ini sejalan dengan slogan IAKN Ambon, yakni, ”Harmoni Dalam Keragaman”.

Sejak kepemimpinan Prof. Dr. Yance Z. Rumahuru, MA., selaku rektor, saat ini IAKN Ambon punya dua Pekerjaan Rumah besar yang perlu segera direalisasikan. Transformasi menjadi UKN sekaligus menjadi mercusuar bagi kebhinekaan di Maluku.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/10/09/barnabas-orno-tandatangani-nota-kesepakatan-bersama-dan-menyerahkan-ranperda-perubahan-apbd-ta-2023/

Jika pengalihan status telah terealisasi, maka IAKN menjadi kampus kristen satu-satunya di Indonesia yang statusnya sebagai universitas.

Sebelumnya, proses menjadi universitas telah mendapatkan respon oleh pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Deputi II Kepala Staf Kepresidenan RI, Bapak Abetnego Panca Putra, SE, M.Si., saat kunjungannya ke IAKN Ambon pada Jumat, 12 Mei 2023, juga mengkonfirmasi bahwa IAKN Ambon telah memiliki infrastruktur yang memadai dan layak untuk melakukan transformasi ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker