Opini

IAKN Ambon, Mercusuar Bagi Kebhinekaan di Maluku

Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon adalah sebuah institut negeri yang terletak di Ambon, Maluku, Indonesia. IAKN Ambon adalah sekolah tinggi agama Kristen Protestan di bawah naungan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia.

Baca juga: IAKN Ambon Lakukan Tranformasi Menjadi Universitas (urusdo.com)

Saat ini IAKN Ambon tengah dalam proses transformasi menjadi Universitas Kristen Negeri (UKN) Ambon. Perlu diketahui, sampai saat ini belum ada Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) di Tanah Air. Oleh karena itu, melalui transformasi ini IAKN Ambon akan segera menjadi UKN pertama di Indonesia.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/10/10/aksi-bullying-di-sma-siwalima-polisi-lakukan-pemeriksaan-saksi/

Transformasi IAKN Ambon menjadi UKN Ambon juga diyakini merupakan jawaban atas ketimpangan kualitas pendidikan di Indonesia bagian Timur, melalui transformasi ini berarti bertambah satu lagi Perguruan Tinggi Negeri yang diharapkan bisa jadi wahana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasi bagi masyarakat Indonesia Timur di tengah terbatasnya Perguruan Tinggi Negeri di kawasan Indonesia Timur.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/10/09/kapolda-maluku-ajak-kpu-dan-bawaslu-sbt-bekerja-profesional/

Kendati berstatus sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen, dengan prodi-prodi baru yang dilaunching IAKN Ambon kini dapat menerima mahasiswa-mahasiswi beragama Non-Kristen.

Hal ini amat sejalan dengan Slogan yang diusung IAKN Ambon sejak lama, yakni ”Harmoni Dalam Keragaman”. Jauh sebelumnya pula bahkan sampai saat ini, di IAKN Ambon sudah ada Dosen dan Staf yang beragama selain Kristen, mereka semua jadi saksi betapa Harmoni Dalam Keragaman bukan hanya sekadar slogan belaka, namun sungguh hidup dan dihidupi oleh seluruh civitas akademika IAKN Ambon.

Melalui slogannya yang mulia, IAKN Ambon bertekad jadi rumah yang nyaman bagi semua kalangan tanpa memandang latar belakang Suku, Agama dan Ras. Di tengah wilayah yang pernah terluka oleh konflik SARA, IAKN Ambon tampil sebagai salah satu perekat dan perajut kebhinekaan di tanah Maluku melalui berbagai program dan kegiatan yang mendorong pada pembauran masyarakat. Menghapus segregasi di tengah masyarakat Maluku adalah cita[1]cita luhur yang hendak dicapai IAKN Ambon.

Mari dukung IAKN Ambon bertransformasi menjadi UKN Ambon dan terus doakan agar IAKN Ambon dapat terus menjadi mercusuar yang menyinari Ambon dan Maluku dengan Harmoni Dalam Keragaman.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker