Uncategorized

Kapolda Maluku: Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa

Usai Menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Salawaku, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif mengajak masyarakat mendukung dan menciptakan keamanan saat Pemilu 2024. Hal itu disampaikan di Lapangan Chr Tahapari, Tantui, Ambon, Senin (16/10/23).

“Masyarakat saya kira apa yang disampaikan oleh pemerintah, pemilu ini adalah pesta demokrasi. Pesta demokrasi ini harus hangat tetapi dengan suasana persaudaraan, suasana persatuan dan kesatuan sesuai dengan tagline-nya bahwa pemilu ini sebagai sarana integrasi bangsa. Polri akan menjaga mengamankan agar pemilu ini terwujud sebagai pemilu yang aman lancar damai dan sukses ini yang paling penting,” ucap kapolda saat diwawancara oleh Wartawan, didampingi  Kapoksahli Pangdam Pattimura, KPU dan Bawaslu.

Diketahui, saat digelarnya Apel Pasukan Operasi Mantap Brata Salawaku, Polda Maluku telah menyiapkan 5.316 Personel untuk mengamankan jalannya pemilu 2024. Apel ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka menyongsong pemilu.

“prinsipnya Polri dan TNI siap melaksanakan pengamanan untuk membantu KPU dan Bawaslu dalam penyelanggaraan Pemilu 2024. Kita disini melibatkan kurang lebih 5.316 personel nantinya sampai 2024 dan tentu kita akan mengikuti dinamika bagaimana di lapangan,” ungkapnya.

Menyangkut daerah rawan, Kapolda menyampaikan Provinsi Maluku mendapat perhatian.

“yang disebut Tadi sangat rawan, Maluku termasuk di semester ketiga 10 provinsi yang juga perlu mendapatkan perhatian. Jadi kita hari ini melakukan gelar apel pasukan serentak seluruh Indonesia dan pada saat ini kita sebanyak 5.316 personel ini merupakan personel polri dengan personel TNI yang juga mencapai ribuan,”rincinya.

Polda Maluku, kata Kapolda, telah siap bersama TNI dan instansi terkait lainnya membantu KPU dan Bawaslu untuk mensukseskan pemilu.

“karena ini kan serentak, jadi nanti kita akan lebih intens dengan KPU khususnya bagaimana nanti pola pengamanan tapi kita sudah melaukan rapat-rapat koordinasi sampai kemudian petugas yang ada di TPS dan sebagaianya. Termasuk teman-teman Bawaslu agar pelaksanaan Pemilu ini berjalan sesuai dengan ketentuan dan norma hukum yang berlaku,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker