BeritaDaerah

Bangun Sinergitas, PJ Bupati Malteng Kunjungi Kemenaker RI

URUSDO.COM, AMBON – Pejabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa melakukan kunjungan di Kemenaker RI. Kunjungan tersebut didampingi oleh beberapa OPD, Selasa (24/10/23).

Sekjen Kemenaker, Profesor Dr. Anwar Sanusi menerima langsung kunjungan tersebut di Kantornya. Dalam pertemuan itu, Sanusi didampingi Direktur Perluasan Kesempatan Kerja serta Jajaran lingkup Kemenaker.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/10/25/pejabat-bupati-tanimbar-ditetapkan-sebagai-tersangka/

Sahubawa dalam keterangannya menjelaskan, bahwa pertemuan itu guna mendorong sinergitas Pemerintah Daerah dengan Kemenaker RI. Terutama dalam menekan angka pengangguran di Kabupaten berjuluk Pamahanunussa itu.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/10/23/dpd-gmni-maluku-desak-kpk-untuk-berkunjung-mbd/

Kepada Sekjen, Sahubawa menjelaskan bahwa saat ini Maluku Tengah memiliki 18 kecamatan, 186 desa dan enam kelurahan, dengan jumlah penduduk sebanyak 427.050 jiwa.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/10/21/pejabat-bupati-sbb-ajak-masyarakat-ciptakan-pemilu-damai-2024/

“Kemudian penduduk usia kerja sebanyak 274.704. Penduduk yang bekerja sebanyak 168.715 orang dengan tingkat pengangguran terbuka sebanyak 12.236 orang atau 6,76 persen,” ungkap Sahubawa dalam pertemuan tersebut.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/10/19/tidak-terima-digusur-warga-katekate-blokade-jalan/

Ia juga merincikan terdapat jumlah perusahan yang terdaftar di Maluku Tengah saat ini mencapai  457 perusahaan dengan serapan Tenaga Kerja (TK) sebanyak 10.544 orang.

“Berbagai upaya untuk membuka kesempatan kerja terus kita lakukan, antara lain melalui pelatihan ketenagakerjaan, padat karya, maupun mendorong pengembangan dan perluasan usaha dan investasi,” jelasnya.

Pemda kata Sahubawa, juga terus melakukan berbagai upaya untuk perlindungan TK. Baik melalui pengawasan dan pengendalian, maupun meningkatkan kepesertaan BPJS Kesehatan dan BPJS Tenaga Kerja melalui alokasi APBD Maluku Tengah.

“Saat ini Kami sangat mengharapkan dukungan Kementerian untuk perluasan kesempatan kerja dan penguatan kapasitas serta kesejahteraan Tenaga Kerja,” imbuhnya. 

Secara konkrit dikatakan, perluasan kesempatan kerja dan penguatan kapasitas serta kesejahteraan tenaga kerja antara lain, penyiapan tenaga kerja dengan pelatihan pada LLK  Maluku Tengah atau pengiriman peserta pada BLK Provinsi Maluku di berbagai bidang.

Kedua, perbaikan sarana dan prasarana pendukung LLK, ketiga peningkatan kapasitas instruktur, keempat padat karya Infrastruktur dan padat karya non infrastruktur di bidang Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan.

“Ke lima sosialisasi pendalaman dan penerapan berbagai peraturan Perundang Undangan di Bidang Hibungan Insdustrial serta Jamsostek,” tandasnya.

Kunjungan Sahubawa yang didampingi sejumlah pimpinan OPD Maluku Tengah disambut baik.

“Terkait dengan penyampaian kami, bapak Sekjen akan membicarakan lebih lanjut dengan beberapa Dirjen serta Badan di Lingkungan Kementerian Tenaga Kerja,” ungkap Sahubawa.

Dia menyebut, beberapa kegiatan akan dialokasikan oleh kementerian di Maluku Tengah pada tahun 2024.

“Dan direncananakan, kegiatan pelatihan dan kunjungan Bapak Sekjen dan Jajaran pada akhir November 2023 di Maluku Tengah,” tandas Sahubawa.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker