BeritaDaerah

DPD KNPI Maluku Desak Gubernur Ganti PJ Bupati KKT

Setelah PJ Bupati Tanimbar ditetapkan sebagai tersangka. Berbagai pihak pun angkat bicara. Salah satunya datang melalui DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Maluku.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/10/25/pejabat-bupati-tanimbar-ditetapkan-sebagai-tersangka/

DPD KNPI Maluku yang diwakili oleh Arman Kalean selaku ketua, mendesak Gubernur Maluku segera menggantikan Ruben Benharvioto Moriolkossu dari jabatan Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Tanimbar.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/10/26/islam-dan-keberpihakan-atas-kaum-tertindas/

“Agar tidak mengganggu kerja-kerja pemerintahan di KKT, maka sebaiknya gubernur memberikan rekomendasi ke Mendagri untuk mengantikan Pj Bupati KKT, sehingga beliau dapat fokus dengan permasalahan hukum yang sementara dihadapi,” ucap Arman saat dihubungi oleh wartawan (Kamis, 26/10/23).

Baca juga: https://urusdo.com/2023/10/25/bangun-sinergitas-pj-bupati-malteng-kunjungi-kemenaker-ri/

Menurut Arman, jika Ruben Benharvioto Moriolkossu masih tetap dipertahankan sebagai Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar, maka dikawatirkan yang bersangkutan akan menghilangkan barang bukti dan mengulangi perbuatan yang sama.

“Meski ini negara hukum, namun jika seorang penjabat kepala daerah sudah tersandung kasus korupsi, bisa berpotensi lolos karena jabatannya saat ini. Seperti menghilangkan barang bukti, dan fatalnya lagi dapat mengulangi perbuatan yang sama,” ungkapnya.

Diinformasikan sebelumnya PJ Bupati Kepulauan Tanimbar ditetapkan tersangka atas kasus korupsi penggunaan anggaran perjalanan dinas Tahun 2020. Saat itu posisi PJ Bupati Kepulauan Tanimbar sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Selain Pejabat Bupati Tanimbar, Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat juga menetapkan Bendahara Pengeluaran Setda KKT, Petrus Masela, sebagai tersangka dalam kasus yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 1.092.917.664 dari total anggaran sebesar Rp 4 miliar lebih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker