BeritaDaerah

Dugaan Korupsi PT BPT, Setor 5 Miliar ke Pemda Dari Total Hasil Penyewaan 18 Miliar

URUSDO.COM, Ambon – PT. Bumi Perkasa Timur (BPT) menerima Rp18 miliar dari hasil penyewaan Ruko Mardika. Hanya saja, PT BPT hanya memberikan Rp5 miliar kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/11/04/dpd-knpi-malteng-lapor-oknum-yang-mengatasnamakan-knpi/

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Khusus Pansus Pengelolaan Pasar (Pansus) Mardika DPRD Provinsi Maluku, Richard Rahakbauw saat diwawancarai, Rabu, 03 November 2023.

“Ini kan Bank Mandiri telah membayar sewa Rp14,647.000.000, Bank BCA Rp 2,3 miliar, ada juga pemilik ruko yang membayar variatif diantaranya, Rp122 juta, ada yang Rp313 juta. Ada juga yang Rp165 juta, jadi variatif. Totalnya kurang lebih ada sekitar Rp18 miliar yang mereka Terima dan yang mereka setor ke pemerintah provinsi hanya Rp 5 miliar. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah,” ucap Rahakbauw.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/11/02/cegah-berita-hoax-tim-siber-polda-maluku-lakukan-patroli/

Rahakbauw dalam keterangan lanjutnya menyampaikan, pihaknya akan melihat apakah ada dugaan tindak pidana korupsi ataukah tidak, kalau ada tindakan korupsi maka akan didorong ke penegak hukum atau kejaksaan untuk diproses.

”Jika ada dugaan korupsi saya pasti akan keluarkan surat. Kemudian apakah memang kemudian perjanjian kerjasama antar Pemda dan PT. BPT ini harus dibatalkan, maka kita akan batalkan,” tadasnya.

Ia menambahkan, persoalan ini akan dikaji secara dalam oleh ahli hukum yang akan ditunjuk secara bersama-sama agar didorong untuk proses pengaduan.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/11/01/polda-maluku-patroli-di-objek-vital-jelang-pemilu-2024/

”Tentu tergantung dari hasil pertemuan kita terakhir dalam rapat antara pansus untuk mengambil putusan dan membuat rekomendasi,” tutupnya.

Diketahui PT BPT diberikan kewenangan untuk mengelola 140 ruko di Pasar Mardika berdasarkan perjanjian kerjasama dengan Pemda Maluku sejak tahun 2017 silam.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker