BeritaDaerahUncategorized

Meski Alami Keterbatasan, Bawaslu Maluku Intens Lakukan Pengawasan

URUSDO.COM, AMBON – Menjelang Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku intens melakukan pengawasan. Hanya saja jumlah yang diawasi oleh Bawaslu tidak sebanding dengan anggota Bawaslu.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/11/14/mcw-desak-kejati-periksa-tiga-pimpinan-dprd-buru-terkait-dana-makan-minum/

Melalui keterangan disalah satu podcast, Perwakilan Bawaslu Maluku, Stevin Melay menyampaikan kepada masyarakat dan peserta pemilu yang telah membantu Bawaslu dalam melakukan pengawasan.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/11/14/begini-kata-gubernur-maluku-saat-kunjungan-di-banda-naira/

“Keterbatasan kita secara jumlah ya. Tapi kita juga berterima kasih kepada masyarakat dan juga peserta Pemilu yang terus serta melakukan kontrol,” ucap Komisioner Bawaslu Maluku Stevin Melay saat Podcast di Harian Rakyat Maluku, Galunggung, Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, (Selasa, 14/11/23).

Bawaslu, kata Melay, sejauh ini telah melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan. Dalam penindakan, sudah ada bebarapa kasus yang diselesaikan dan ada yang sementara diselidiki.

“Kita melakukan upaya penindakan terhadap beberapa hal yang kemudian dijadikan sebagai pelanggaran. Sebagai contoh dalam pengawasan daftar pemilih, kami temukan ada yang belum terakomodir kami sampaikan ke KPU,” ujarnya.

Baca juga: https://urusdo.com/2023/11/13/bnpp-luncurkan-gerakan-masyarakat-sehat-di-kawasan-perbatasan-untuk-turunkan-stunting/

Di tahapan pencalonan DPR, lanjut Stevin Melay, ada beberapa hal yang telah dilakukan.
Misalkan soal penanganan pelanggaran administrasi.

“Jadi tingkat komisi kita kemarin kita menyidangkan ya. Menyidangkan laporan yang diajukan oleh salah satu peserta Pemilu dari PDIP dapil MalukuTengah,” ungkapnya.

Sementara dugaan pelanggaran ketidaknetralan salah satu ASN, Bawaslu,
lanjut Stevin Melay, sudah datangi Dinas Pendidikan.

“Dan ini sedang kita selidiki,” pungkasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker